• April 4, 2022

Fakta Menarik Seputar Panda Merah

Akhir-akhir ini panda merah sedang menjadi pembicaraan seiringan dengan animasi dari Pixar Disney, yakni Turning Red. Panda merah sendiri merupakan hewan yang tinggal di Nepal, India, Myanmar, dan beberapa bagian di Cina.

Panda merah adalah hewan yang suka menyendiri, kecuali ketika sedang musim kawin. Betina biasanya memiliki satu sampai empat anak saat musim semi atau musim panas. Ibu dan anak ini akan tinggal bersama selama satu tahun lamanya, sampai musim kawin selanjutnya, sebelum mereka bisa hidup sendiri. Hal yang umum dari kebanyakan bayi hewan, bayi panda merah akan lahir dengan warna abu-abu dan akan berubah warna ketika mereka beranjak dewasa.

Kata panda sendiri berasal dari bahasa Nepal, yakni ‘ponya’ yang memiliki arti pemakan bambu. Panda merah kebanyakan makan daun bambu, inilah kenapa mereka mendapatkan gelar mereka.

Disamping nama mereka yaitu ‘panda’, panda merah tidak ada hubungannya dengan panda yang umumnya kita kenal. Mereka adalah spesies berbeda, di mana panda adalah spesies beruang, sedangkan panda merah adalah satu-satunya anggota keluarga mereka yang masih hidup, Ailuridae.

Panda merah ditemukan pada tahun 1825, hampir 50 tahun sebelum panda ditemukan. Hubungan satu-satunya kedua hewan ini adalah mereka sama-sama memakan bambu.

Jika kamu melihat buntut dari hewan ini, mungkin kamu akan merasa gemas. Tapi tahukah kamu kalau ini ternyata bisa menjadi selimut hangat untuk panda merah ketika mereka kedinginan. Mereka bahkan kadang menggunakannya sebagai bantal. Buntut ini juga membantu mereka menjadi lebih seimbang saat memanjat pohon. Selain buntut mereka, ibu jari tambahan dan pergelangan kaki yang fleksibel membuat mereka bisa mencengkram pohon untuk memanjat. Mereka sebenarnya adalah satu dari sedikit hewan yang bisa memanjat dengan posisi kepala di bawah. 

Mereka hidup di puncak pohon, berpindah dari ranting ke ranting untuk mencari sesuatu untuk dimakan dan tidur. Mereka sebenarnya karnivora, tapi mereka kebanyakan makan makanan vegetarian. Mereka banyakan makan daun bambu dan bisa makan hingga 20.000 bambu dalam satu hari. Mereka juga makan beri, rumput, burung kecil, mamalia, serangga, dan telur.

Bulu merah indah mereka ini bisa mereka manfaatkan untuk berkamuflase di hutan gunung. Di sana, pohon memiliki warna merah yang cocok dengan warna bulu mereka, membuatnya tidak bisa mudah dilihat oleh para predator. Dan perut mereka yang berwarna hitam, dan kaki membantu mereka untuk bersembunyi dari predator.

Panda merah memiliki kelenjar aroma di alas kaki mereka yang digunakan untuk menandai wilayah mereka. Sesuatu yang gila adalah cairan atau aroma yang tertinggal ini memberi tahu panda lain tentang jenis kelamin, usia, dan kesuburan mereka.

Hewan ini memang sangat unik, namun sayangnya karena penebangan liar hewan ini bisa terancam punah.