• Januari 10, 2022

Cara Menghindari Beruang Saat Melakukan Kemah

Camping atau berkemah merupakan kegiatan yang seru untuk dilakukan. Biasanya banyak orang memilih untuk berkemah di alam agar bisa mendapatkan sensasi yang menyenangkan.

Tapi sayangnya, kita tidak akan pernah tahu apa yang bisa terjadi di alam liar. Ada banyak bahaya yang mengancam jika kita tidak berhati-hati selagi berada di sana. Salah satu hewan buas yang bisa kita temukan saat di alam liar adalah beruang.

Oleh karena itu, berikut ini kami akan menunjukkan beberapa cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menghindari beruang.

Tips Menghindari Beruang

1. Buat area memasak dengan area untuk tidur terpisah. Setidaknya jauhkan sejauh mungkin yang masih bisa kamu jangkau atau kamu pantau. Hal ini untuk menghindari datangnya beruang ke area tidur kamu karena mencium bau makanan.

2. Gantung makanan dan barang yang memiliki bau menyengat, seperti misalnya sabun, pasta gigi, atau pun semprotan pencegah serangga. Setidaknya gantung 2 meter di atas tanah menggunakan container anti beruang.

3. Jangan menggunakan pakaian yang memiliki warna merah, karena rancu dengan makanan beruang yakni daging.

4. Tetap bersih! Jangan sampai kamu menumpuk piring atau peralatan setelah makan. Hal ini karena bisa menimbulkan bau yang memancing beruang untuk datang.

5. Jangan membuat beruang terkejut saat sedang melakukan hiking seperti membuat suara yang bisik. Hal yang perlu kamu hindari saat sedang mendaki adalah bernyanyi atau pun teriak dengan keras, terutama saat sedang berada di kisaran sungai atau pun aliran.

6. Selama kamu mendaki, tetaplah berada pada zona yang memang dirasa aman atau pun sudah dibentuk oleh pendaki sebelumnya. Jangan mencoba keluar dari zona tersebut jika kamu tahu itu tidak akan aman.

7. Ketika kamu melakukan pendakian, ada baiknya melakukannya dalam bentuk grup. Seperti bertiga atau pun lebih. Hindari melakukan pendakian sendirian untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

8. Melakukan pendakian ada baiknya dilakukan saat masih tampak sinar matahari. Hindari melakukan pendakian di malam hari, karena pada saat itu merupakan saat beruang yang paling aktif.

9. Menjadi jalur atau pun tanda keberadaan beruang untuk menghindari keberadaannya.

10. Persiapkan dan pelajari mengenai fakta-fakta tentang beruang bersama dengan grup kamu sebelum memutuskan untuk pergi.

Mungkin untuk saat ini semakin jarang bisa melihat beruang di alam liar, serangan beruang juga merupakan hal yang jarang terjadi dialami oleh para pendaki. Kebanyakan beruang melakukan serangan ketika mereka merasa terancam dengan keberadaan manusia.

Jika kamu memang bertemu dengan beruang, ada baiknya untuk tetap tenang lalu menghindari gerakan yang tiba-tiba. Tetap jaga jarak dan jangan mendekat ke arah beruang. Jika beruang tidak melihat kehadiran kamu, tetap diam. Selain itu jangan sampai kamu memberi mereka makan, karena ini bisa memberikan risiko yang lebih.