• Januari 20, 2022

Hewan yang Dapat Hidup di Gurun Sahara

Gurun Sahara merupakan gurun pasir yang gersang dan tentunya sulit untuk bisa bertahan hidup di tempat gersang seperti itu. Tapi tahukah kamu ada beberapa hewan yang memiliki habitat di gurun dengan cuaca ekstrem ini.

Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa hewan yang dapat bertahan hidup di Gurun Sahara.

1. Unta Dromedari

Tentu jika membicarakan seputar gurun, Unta merupakan hewan yang tidak bisa lepas dari itu. Hewan yang memiliki punuk di punggungnya ini memang merupakan hewan yang memiliki habitat di gurun. Kemampuannya menyimpan lemak di punuk dan bisa meminum hingga 100 liter air dalam 10 menit ini membantu dia bisa bertahan hidup di gurun yang gersang. Daya tahan, kekatan, dan juga kemampuan hidup tanpa air membuat unta cocok hidup di gurun.

2. Viper Bertanduk

Viper merupakan hewan yang bisa bertumbuh sampai 50 m dan lebih aktif dimalam hari. Di siang hari biasanya hewan ini lebih sering mengubur diri di dalam pasir. Viper memiliki bisa yang beracun dan bisa membuat korbannya mengalami kerusakan jaringan sel darah merah.

Hwan ini adalah spesies yang mulai terancam punah dikarenakan faktor lingkungan. Tetapi tidak ada yang benar-benar mengetahui kenapa Viper memiliki tanduk di atas mata, ada banyak yang yakin kalau itu bentuk perlindungan untuk matanya agar tidak terkena pasir.

3. Burung Unta

Burung unta merupakan burung yang dikenal sangat berbahaya karena ia bisa melukai kita melalui tendangannya. Kekuatan kaki yang dimiliki oleh burung yang tidak bisa terbang ini menjadikannya salah satu hewan darat tercepat, di mana ia bisa berlari 40 mil per jam.

Burung unta adalah burung terbesar yang memiliki beragam jenis. Kekuatan kaki burung unta biasanya mereka manfaatkan untuk menendang musuhnya ketika dia merasa terancam. Selain itu kemampuan penglihatan dan pendengaran yang dimiliki burung unta juga sangat baik.

4. Anjing Liar Afrika

Jika dilihat dari tampilannya, mungkin anjing liar ini cukup mirip dengan hyena, tapi ini merupakan Anjing Liar Afrika. Hewan ini adalah predator yang ulet dan biasa mengejar mangsa yang lebih cepat dari mereka sendiri. Mereka umumnya mengejar mangsanya dengan jarak jauh dan membuat mangsanya menjadi lelah, setelah itu mereka akan menyerang organ vital mangsanya itu hingga tewas. Inilah yang membuat Anjing liar Afrika ini menjadi salah satu predator paling sukses.

5. Landak Gurun

Terakhir yang akan kami bahas adalah landak gurun, hewan menggemaskan yang lebih aktif pada malam hari. Pada siang hari landak ini lebih memilih untuk beristirahat di sekitar tebing, sehingga mereka lebih terjaga dari para predator.

Itulah beberapa hewan yang hidup di Gurun Sahara!